Minggu, 16 Januari 2011

my life..... :'(

tak tahu harus memulai darimana berkisah tentang diriku dan hidupku yang begitu berliku...
tapi semua selalu aku syukuri.. tak ada kata menyesal,, tak ada kata putus asa meski kadang ku lelah dengan semuanya.. tapi ku tahu inilah konsekuensi hidup yang mesti dan memang harus ku jalani...

Terlahir dari keluarga yang amat sangat sederhana,, dan mendapat gelar sebagai anak sulung merupakan tanggungjawab yang begitu besar buatku... banyak hari kulewati bersama kedua orangtuaku dan nenekku yang terkadang kurindukan hingga detik ini.. karena kutahu kebersamaan itu takkan pernah terulang lagi dalam hidupku.... masa kecil yang cukup indah buatku disamping orang-orang yang kusayangi,, meski terkadang ku harus meringis karena keegoisan kedua orangtuaku yang dulu belum aku mengerti... pertengkaran diantara mereka  terkadang membuatku harus merangkul nenekku dan berharap membawaku pergi agar ku tak melihat apa yang seharusnya memang tak kulihat... 

hingga pada akhirnya ku memasuki dunia sekolah dengan seragam merah-putih.. ahhh.. msih sangat ku ingat setiap pagi ku belajar membuatkan papa secangkir teh hangat.. dan papa selalu menyanjungku meski teh yang kubuat tak ada rasanya.. kata papa aku anak yang pintar... :) sanjungan yang tak pernah lagi kutemui  hingga kini..dan aku sangat merindukan itu... 
hingga lahirlah adikku,, betapa senangnya aku saat itu,, akhirnya aku tak menjadi anak tuggal,, akhirnya aku punya teman.. tapi sayang ternyata semua tak seindah yang aku bayangkan... hal terburuk yang tak pernah aku bayangkan sebelumnya terjadi dalam keluargaku... kenapa???? bagimana??? saat itu aku tak tahu,, yang kutahu mama pergi membawaku beserta adikku.. pergi meninggalkan papa... aku masih terlalu kecil tuk memahami semuanya... yang ku ingat saat itu.. papa menangis memelukku dan tak ingin melepaskanku serta membiarkanku pergi.. cuma itu!!!!!! :'(

kumulailah hidupku yang baru bersama adikku,,mama dan nenekku tanpa papa.. saat itu aku belum mengerti arti kehilangan,, aku belum mengerti bahwa ku takkan bisa berdampingan dengan kedua orangtuaku lagi,, aku tak mengerti bahwa kedua orangtuaku telah berpisah,, dan aku tak mengerti apa arti dari Broken home... Setiap ku bertanya pada mama, papa kemana??? mama hanya menjawab"jangan bertanya tentang papamu,, karena papa sudah tak sayang kita lagi"..aku tak sedih mendengar jawaban itu,,aku tak menangis.. tapi jawaban itu membuatku semakin benci pada papa.. ahhh itulah anak-anak,, sekali lagi saat itu aku belum mengerti dengan semuanya.. hingga pada akhirnya aku tak ingin menanyakan papa lagi.. dan nyaris melupakannya... aku tak peduli dengan teman yang mengolokku,, aku tak peduli dengan oarng-orang yang mengasihaniku... karena aku tahu mama jauh lebih hebat dari mama dan papa mereka... aku tak peduli dengan semuanya... bagiku mama adalah manusia yang paling hebat yang pernah aku kenal... :D

begitulah kujalani hari-hariku bersama mama... adikku... dan nenekku... kami bahagia,, tak pernah ada kesedihan.. aku selalu mendengar gelak tawa dan canda mama... adikku yang lucu.. bagiku semuanya sempurna meski tak ada papa... tak pernah lagi terdengar kabar dari papa.. papa menghilang bak ditelan bumi.. dan mungkin mama telah mengubur semua kisah tentang papa.. mungkin?????? bagiku itu mungkin karen kutahu mama masih menyayangi papa,, namun dia tak ingin ada yang tahu tentang itu.. aku tahu mama menutupi semua kegulauan dan kesedihannya... karena ingin melihat orang disekelilingnya bahagia.. itulah mama,, manusia paling tegar yang pernah aku kenal,, manusia paling kuat,, dan tak ada kata menyesal dalam kamusnya dan aku bangga memilikinya... :)

hingga pada akhirnya ku beranjak remaja... penderitaan hidup semakin mendewaskan diriku,, mulalilah aku merindukan sosok seorang papa yang sekian lama aku lupakan... terkadang ada kesedihan disaat ku melihat teman yang memiliki keluarga yang utuh,, pengen rasanya seperti mereka,, memanggil "PAPA" yang bertahun-tahun lamanya hilang dari kehidupanku.. hingga mulutku kaku tuk menyebut kata-kata itu.. tapi kembali lagi,, aku tak seberuntung mereka,, jalan yang harus kutempuh tak sama dengan mereka,, aku harus besar tanpa kata-kata itu.... dan ku Yakin Tuhan akan memberikanku keberuntungan lain buatku...

tahap demi tahap ku lewati,,, ujianpun datang silih berganti... awalnya kupikir ujian hidup yang mesti ku lewati hanya sampai disitu.. Ternyata Tuhan begitu sayang padaku hingga menghujaniku berjuta cobaan... Papa telah menikah lagi.. yaahhh Ku benar-benar telah kehilangan papa.. papa benar-benar telah meninggalkan kami.. hingga pada akhirnya mamapun mengambil keputusan tuk menikah..... Aku tak sedih saat itu,, aku bahagia.. akhirnya ada sosok yang bisa ku panggil PAPA.. ku pikir itu adalah awal yang indah dan akhir dari semuanya... ternyata aku salah.. itu adalah awal yang jauh lebih bruk... Awal yang benar-benar menguras airmataku.. awal dari segala petaka yang terjadi dalam keluaragaku...

PAPA tiriku tak sebaik yang aku bayangkan.. dia adalah duri dalam daging.. menghancurkan hidup mama,,hidupku,,hidup keluargaku.. hingga mama menderita depresi selama tiga tahun... Tuhan cobaan apa lagi ini?? itu yang selalu ku ucap dulu....tak ada detik yang kulewati tanpa airmata.. airmata yang kusembunyikan dari semua orang.., aku tak mau ada yang tahu kesakitanku,, aku tak mau ada yang tahu kesedihanku,, dan aku tak mau ada yang tau betapa menderintanya aku saat itu... aku selalu menampakkan ketegaranku,, kekuatanku,, dan ketabahanku...
masih sangat ku ingat,, ditengah malam buta mama terbangun dan meraung,, merintih mencari papa tiriku manusia edan yang lenyap entah kemana mninggalkan mama dalam keskitannya,, dalam penderitaannya,,,
masih sangat ku ingat adikku hasil pernikahan mama dan papa tiriku,, menangis dan hanya didekap oleh tangan rapuh nenekku.. karena mama tak mmpu lagi memeluknya..
masih sangat kuingat disaat mama tak bisa lagi terbangun dari pembaringannya,, memelukku,, mencium adikku,, dan meminta maaf kepada semua orang.. serta menitipkan adikku padaku.. karena tak lama lagi Maut akan menjemputnya...Untunglah itu tdak terjadi..
Sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttt........ itulah yang kurasakan saat itu... taka ada lagi bayangan kebahagiaan dipelupuk mataku...tak ada lagi... Penderitaan benar-benar menjadi sahabat dalam hidupku saat itu...

Tapi semua tak membuatku putus asa.. semua tak membuatku down.. karena aku percaya semua itu hanyalah ujian... Aku semakin optimis mengerjar cita-citaku.. ditengah kerasnya cobaan hidup menimpahku.. prestasikupun semakin membaik.. aku tak ingin semua membuatku larut hingga masa depankupun ku korbankan.. aku ingin mama bangga padaku,, aku ingin membuktikan pada semua orang bahwa aku kuat...

hingga pada akhirnya PAPA "kandungku" hadir setelah menghilang 10 tahun lamanya... Dia prihatin dan khawatir dengan kehidupanku bersama mama saat itu... dia berniat tu mengambilku,, dengan alasan tuk mengurangi beban mama.. mengiming-imingiku dengan kekayaan,, degn harta berlimpah serta berjuta janji lainya....
TIDAK.. aku terlahir dari penderitaan dan penderitaan itulah yang membuatku kuat,,membuatku tegar..
Mama butuh aku,, aku tak ingin meninggalkan mama dalam kesedihannya.. meninggalkan mama dalam kerapuhannya.. aku ingin terus bersama mama dalam keadaan dan situasi apapun itu.. mama adalah nyawaku.. Hingga pada akhirnya papapun bisa mengerti...

begitula kulewati hari-hariku.. hingga semuanya semakin membaik.. mama melupakan ayah tiriku.. kesehatan mamapun berangsur pulih... Hingga pada akhirnya mama berpisah dengan ayah tiriku,, dan mninggalkan dua anak hasil dari pernikahan mereka.. Aku sayang mereka seperti saudara kandungku sendiri... Mama mulai menata hidupnya kembali.. memulai semuanya dari NOL... dan Secercah sinar terang mulai menerpa kehidupan keluargaku...

akupun memasuki masa putih_abuabu... Ku pilih Kota Kendari sebagai tempat pelarian bersama mama... dsitulah kami mengontrak rumah,, hdup berasama keluarga kecilku,, aku,, ketiga adikku,, dan mama tanpa nenek lagi... dan tentunya tanpa papa... semua semakin indah.. mama semakin membaik hingga mulai membuka usaha kecil-kecilan.. akhirnya bisa kurasakan sebuah keharmonisan keluarga meski tak sempurna... setiap pagi mama selalu menyediakan sarapan.. mengurusi ketiga adikku.. menjemput dan mengantarku sekolah... ya Allah terimakasih buat semuanya.. Aku harap ini adalah awal yang indah... aku harap tak ada lagi airmata...
aku dan mama telah mengubur semua masalalu yang begitu memilukan.. hingga pada akhirnya menjadikan semuanya sebagai lelucon dan pelajaran...mama selalu mengajariku bagaimana menghadapi kerasnya hidup..mama mengajariku bagaiman ketegaran itu..mama mengajariku bagaimana indahnya kesabaran itu.. dan itulah yang kuterapkan dalam hidupku kini dan selalau kuajarkan kepada semua orang-orang terdekatku...

Lulus SMU Q pilih Kota makassar sebagai tempatku menggapai cita-citaku..mengejar impianku... merangkai masadepanku.. untuk kebahagiaan aku..kebahagiaan mama..dan kebahagiaan adik-adikku..
Masalalu yang suram membuatku semakin kuat,,semakin optimis tuk mengejar semuanya.. kehidupanku tak membuatku minder,,tak membuatku malu,,bahkan tak kututupi dari semua orang... aku tak malu denga kata "BROKEN HOME" aku bangga dengan kata-kata itu.. bangga karena aku tak seburuk yang orang pikir.. bangga dengan semua pengalaman hidup yang aku miliki,yang takkan mungkin dimiliki oleh semua orang... bangga dengan semua pelajaran berharga yang kutemui dalam perjalanan hidupku,,hingga menjadi guru besar buatku...aku bangga dengan kehidupanku yang mungkin bagi sebagian orang adalah musibah...

aku tak pernah menjadikan penderitaanku sebagai musibah.. tapi bagiku itu adalah anugerah dan proses..
Anugerah,, karena Allah begitu menyayangiku hingga terus mengujiku...
Anugerah,, karena Allah memberiku pelajaran bagaiman caranya berdiri setelah terjatuh..
Anugerah,, karena Allah mengajariku bagaimana caranya bersyukur atas semua yang IA telah berikan..
Anugerah,, Karena akhirnya kutahu bagaimana caranya menghargai kehidupan...

Kita terlahir tidaklah langsung berjalan.. tapi melalui proses..
Kupu-kupu tercipta bukanlah langsung menjadi seekor kup-kupu yang indah.. tapi melalui metamorfose..
dan begitulah kehidupan semua melalui proses.. 
semua penderitaan yang kutemui bagiku adalah proses..
ada saat dimana kuterjatuh,, kemudian belajar untuk bangun...
ku bangun dan ku berusaha tuk berlari.. kemudian kugapai semua apa yang kuharap...
dan kuyakin semua pasti kan kucapai jika ku tak pernah berhenti berlari dan berlari...

kini ku tak takut lagi terjatuh.. karena telah kutahu bagaimana caranya tuk bangun kembali..
kini kutak takut lagi terluka..karena telah kutahu bagaimana cara tuk mengobatinya..
itulah hikmah yang bisa kupetik dari semua kejdian yang pernah kualami dalam hidupku...

terimakasih buat mama.. yang telah mengajarkanku terhadap banyak hal...
kini ku tak takut lagi menghadapi kerasnya hidup.. ku tak takut lagi dengan penderitaann.. semua karena pengalaman yang mama telah bagi padaku.. dan pengalaman itulah yang akan kubagi dengan semua orang terdekatku.. dengan sahabatku.. dengan suamiku kelak,, dengan anak-anakku kelak,, dengan cucuku..
kan kuajarkan mereka bagaimana menghadapi kerasnya hidup,, kan kuajarkan mereka bagaimana ketegaran itu.. kan kuajarkan mereka bahwa kesabaran itu indah..
dan ku ajarkan kepada mereka arti dari sebuah "PROSES"...

sekali lagi aku tak pernah menyesali kehidupanku.. aku Bangga dengan kehidupanku..
aku bangga kepada kedua orang tuaku yang telah memberiku banyak pelajaran hidup...
dan akan kubuktikan pada semua orang bahwa "BROKEN HOME" bukanlah musibah,, bukanlah penderitaan,, bukanlah hal yang memalukan,, bukanlah kenistaan..bukanlah sesuatu yang menakutkan.. tapi adalah anugerah dan pelajran berharga bagi orang-orang yang mampu memetik hikmah dari semuanya.. dan itulah aku...
meski "BROKEN HOME" jangan sampai terjadi dalam hidupmu.. karena hanya orang hebatlah yang mampu mngatakan bahwa itu "ANUGERAH"... ~_<

nith_noth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar